Ketua PHDI Hadiri Dharma Santi Nasional 1946/2024

Ketua PHDI Hadiri Dharma Santi Nasional 1946/2024
Ketua Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, menghadiri acara Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi tahun 1946/2024 di Balai Komando Kopassus, jalan RA. Fadillah No.9, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, menitik beratkan kepada Berdana Punia, Kamis (25/4/2024).

Jakarta, HarianBerita.ID - Ketua Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, menghadiri dan sekaligus memberikan sambutan dalam acara Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi tahun 1946/2024.

Acara hari besar Nyepi untuk agama Hindu menitik beratkan kepada Berdana Punia dan dilaksanakan di Balai Komando Kopassus, jalan RA. Fadillah No.9, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (25/4/2024).

"Bulan-bulan ini adalah bulan yang luar biasa, hari besar keagamaan dan hari-hari yang bersejarah buat bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia," ucap Wisnu dalam sambutan acara.

Dalam acara itu, secara perspektif Mayjen TNI (Purn) memaparkan mengenai bulan Maret hingga April 2024, sebagai bulan penuh keistimewaan.

Menurut Ketua PHDI, memasuki hari keagamaan pertama yaitu hari Suci Nyepi, selamat atas hari Suci Nyepi bagi umat Hindu Dharma, dimanapun berada.

Untuk ke dua, bulan Suci Ramadhan bagi umat Musilm, Minal Aidin Walfaidzin mohon maaf lahir dan batin dan ada juga hari kelahiran Zhisheng Matakin, Wei De Dong Tian.

“Kemudian, ada juga hari besar Paskah bagi umat Kristiani, sampaikan salam kepada umat Kristiani di seluruh Tanah Air," kata Purnawirawan Jenderal Bintang Dua.

Lanjutnya, Mayjen TNI (Purn) juga menganalisis hari besar kenegaraan tepat jatuh pada bulan April. Ia pun menyebut hari Kartini bertepatan tanggal 21 April.

Hari besar itu adalah hari kenegaraan kita yaitu pahlawan R.A Kartini, habis gelap terbitlah terang dan dengan wajah cerah seperti sekarang ini.

“Ibu-ibu kita ingat R.A Kartini, habis gelap terbitlah terang dan setelah itu tanggal 22 April adanya ketok palu MK, serta tanggal 24 adalah ketetapan Presiden Republik Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan untuk tema mengenai agenda hari Dharma Santi Nasional 2024, sudah di mulai dari bulan Maret dengan berbagai rangkain acara.

Menurut Mayjen Purnawirawan ini, untuk puncak acara dilaksanakan pada Kamis 25 April 2024, dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian dan hiburan.

“Tema dalam perayaan Hari Suci Nyepi Nasional tahun 2024 diambil Sat Cit Ananda, Sat itu Satya Kebenaran, Cit itu Kesadaran, dan Ananda Kebahagiaan. Jadi kebenaran ini kita ambil dari sesanti Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa," imbuhnya.

Ditambahkan Wisnu, diakhir sambutanya mengenai pesan moral dan mengingatkan untuk seluruh masyarakat khususnya Hindu, untuk selalu berbagi kepada sesama.

Hal tersebut sebagai wujud persatuan dan gotong royong dalam membangun kesejahteraan dan jika berhasil sejahtera dipinta untuk tidak lupa, dapat berbagi medana punia yaitu Badan Dharma Dana Nasional (BDDN).

“Kalau kita guyub bergotong royong untuk membangun negeri, saya rasa akan lebih cepat terlaksana. Saya rasa itu pesan moral kita untuk seluruh pemimpin-pemimpin bangsa," pungkasnya. (Ivan Lubis)