Kemenag Kabupaten Tangerang Bersama BNN BAPAN Adakan Kerjasama Penyuluhan P4GN di Sekolah

Kemenag Kabupaten Tangerang Bersama BNN BAPAN Adakan Kerjasama Penyuluhan P4GN di Sekolah
Kemenag Kabupaten Tangerang Bersama BNN BAPAN Adakan Kerjasama Penyuluhan P4GN di Sekolah

Kabupaten Tangerang, HarianBerita.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Abdullah Hasyim, S.HI., M.M, mengadakan pertemuan dan kerjasama dengan Kepala Bidang (Kabid) Badan Narkotika Nasional Badan Advokat Penyelamat Aset Negara (BNN BAPAN) Kabupaten Tangerang, Mugi Raharjo SH.

Pertemuan ke dua belah pihak membahas tentang rencana penyuluhan akan bahaya narkoba untuk tingkat sekolah Madrasah Tsanawiyah Sekabupaten Tangerang.

“Pertemuan ini untuk menindaklanjuti kerjasama mengenai penyuluhan narkotika dengan BNN BAPAN dan rencananya akan diselenggarakan pada awal bulan September 2023 ini,” ucap Abdulah Hasyim pada HarianBerita.ID, di ruang kerjanya di jalan H. Somawinata N0.3, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Banten, Senin (21/8/23).

Pembahasan ke-duanya menitikberatkan kepada bahaya narkoba yang sudah sangat memperihatinkan di setiap sekolah, dengan tingkat kelabilan siswa didalam mencari jati diri.

Menurut Abdullah Hasyim, target awal memberikan penyuluhan dari Madrasah Tsanawiyah (MTSN) untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkotika disetiap sekolah dengan mengambil moment Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023.

Ke-tujuh sekolah MTSN Sekabupaten Tangerang dipercayakan sebagai motor penggerak yang sudah diberikan penyuluhan dan telah terbentuk Satgas Anti Narkoba untuk dapat terus bergulir mengadakan penyuluhan ke setiap sekolah swasta lainya.

“Penyuluhan yang dimotori ke tujuh sekolah MTSN Sekabupaten Tangerang akan terus kita lanjutkan sampai rencana aksi ke daerah sekolah lainya untuk dapat membentuk 1000 Satgas Anti Narkoba dari Tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Sekabupaten Tangerang," jelas Kasie Pendidikan Madrasah dari Kemenag ini.

Lanjutnya, Ia juga mengakui dapat terlaksananya penyuluhan narkoba sehingga membentuk 1000 Satgas Anti Narkoba di seluruh sekolah Sekabupaten Tangerang sampai tanggal 28 Oktober 2023 bersama BNN BAPAN akan difasilitasi dari Kemenag Kabupaten Tangerang.

“Semua ini difasilitasi dari Kemenag Kabupaten Tangerang dan Insya Allah para Satgas Anti Narkoba dari sekolah yang ada akan dilantik pada upacara pengibaran bendera merah putih pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 nanti,” imbuhnya.  

Sementara itu masih hal yang sama menurut Kabid BNN BAPAN Kabupaten Tangerang Mugi Raharjo menyatakan, dirinya merasa tergugah dan merasa empati maraknya para pelajar telah menjadi korban penyalagunaan narkoba.

Sehingga BNN BAPAN Kabupaten Tangerang dibawah bimbingan Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Tangerang, bersama-sama mengadakan penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di setiap sekolah Sekabupaten Tangerang

“Atas bimbingan Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag, target awal mengadakan penyuluhan untuk tingkat MTSN Kabupaten Tangerang dan untuk pemateri sudah kami siapkan dari anak-anak Duta Pemuda Anti Narkoba Kabupaten Tangerang terpilih tahun 2020,” ujarnya.

Lebih jauh Mugi Raharjo meminta, untuk semua element masyarakat dapat bersama memerangi dan mempersempit ruang gerak pengedar maupun bandar narkoba, disetiap lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Ia pun menjelaskan lebih dalam terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba merupakan pohon yang mempunyai akar dan jika akar tersebut telah dipotong, sehingga pohon tersebut akan mati.

“Begitu juga dengan generasi muda sedang mencari jati diri, jangan sampai terkontaminasi dan terjerumus kelembah hitam penyalagunaan narkoba. Mari kita bersama lakukan gerakan Genta Bersinar, sebagai Generasi Tangguh Bebas dari Narkoba, “ tandas Mugi. (Warto Kabiro Kabupaten Tangerang)