Program TJSL PLN Peduli P2B E-Moto, SMK Negeri 8 Bandung Rakit Motor Listrik 

Program TJSL PLN Peduli P2B E-Moto, SMK Negeri 8 Bandung Rakit Motor Listrik 
Menteri BUMN, Erick Thohir saat meninjau pameran Motor Listrik.

Bandung, HarianBerita.ID - Setelah sukses mengikuti Gelaran Electric Vehicle (EV Fun Trip) yang diadakan pada Juni lalu, motor listrik yg sedang dirakit oleh peserta pelatihan teknis rancang bangun P2B EV program TJSL PLN Peduli P2B E-Moto dari SMK Negeri 8 Bandung kembali mencuri perhatian. 

Motor listrik yang sudah setengah jadi tersebut kembali mendapat kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan pameran. 

Kali ini motor listrik tersebut dipamerkan pada Kegiatan Safety Riding for Young Generation di Gedung Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (05/08) lalu. 

Dalam acara ini, booth pameran SMKN 8 Bandung dikunjungi oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Erick Thohir menunjukkan keheranan dan ketertarikannya saat melihat motor listrik yang sudah setengah jadi tersebut “mejeng” di booth SMK Negeri 8 Bandung. Rasa penasaran Erick membuatnya bertanya kepada siswa dan guru yang berjaga di booth tersebut. 

Deden Bhakti Indradi Daryana, Guru Pembimbing dari SMK Negeri 8 Bandung menyampaikan kepada Menteri BUMN bahwa motor yang sudah setengah jadi tersebut merupakan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PLN UIP2B Jamali. Saat ini Motor tersebut sedang di tahap pembuatan body motor listrik.

Setelah mendapat penjelasan tentang motor listrik dan juga penjelasan pelatihan teknis yang digagas oleh PLN, Erick menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut dan memberikan semangat agar siswa SMK dapat terus berkarya, termasuk dalam program percepatan peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“Semoga lancar dan sukses bagi kelancaran projeknya ya..,” ucap Erick menyemangati rekan-rekan SMKN 8 Bandung.

Dalam kegiatan Edukasi Safety Riding for Young Generation tersebut SMK Negeri 8 Bandung mengirimkan sekitar 70 (tujuh puluh) siswa dan 6 (enam) orang guru. 

Edukasi yang disampaikan mengenai keselamatan berlalu lintas yang dikemas dalam bentuk teatrikal. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, terlebih ada pemberian voucher pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi peserta yang hadir.

Perkembangan dan progress dari program TJSL PLN Peduli P2B E-Moto ini sangat membanggakan. Rekan-rekan di SMK telah berdedikasi dan bekerja keras untuk terus ber-progress menyelesaikan rancang bangun motor listrik ini.

"Suatu kebanggan salah satu motor listrik program TJSL PLN Peduli tersebut di-notice oleh pak Erick Thohir. Apresiasi yang diberikan pak Erick kepada teman-teman di SMKN 8 Bandung ini merupakan salah satu pemacu semangat teman-teman di SMKN 8 Bandung untuk dapat menyelesaikan motor listrik tersebut sesuai dengan waktu yang ditetapkan dengan hasil yang optimal,” ungkap Munawwar Furqan, General Manager UIP2B Jawa, Madura, dan Bali.

Selain itu, Munawwar juga berharap kerja keras peserta P2B E-Moto yang diikuti 5 SMK yang tersebar di pulau Jawa dan Bali ini dapat mendukung komitmen pemerintah mencapai Net Zero Emission melalui penerapan electrifying lifestyle.

“Semoga pelatihan teknis yang diberikan ini juga dapat menjadi bekal para siswa SMK untuk menjadi generasi penerus yang unggul dan siap menghadapi tantangan teknologi di masa depan. Dengan kolaborasi ini, semoga  bisa tercipta inovasi dan semangat dalam penerapan electrifying lifestyle untuk bersama-sama mendukung komitmen pemerintah mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060,” ungkap Munawwar. | Rls