Pengurus PWI Pusat Adakan Rapat Perdana Dewan Penasihat

Pengurus PWI Pusat Adakan Rapat Perdana Dewan Penasihat
Pengurus PWI Pusat Mengadakan Rapat Perdana Dewan Penasihat, di Lantai IV Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).
Pengurus PWI Pusat Adakan Rapat Perdana Dewan Penasihat
Pengurus PWI Pusat Adakan Rapat Perdana Dewan Penasihat
Pengurus PWI Pusat Adakan Rapat Perdana Dewan Penasihat
Pengurus PWI Pusat Adakan Rapat Perdana Dewan Penasihat

Jakarta, HarianBerita.ID -Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun dalam rapat perdana Dewan Penasihat mengatakan, pengurus PWI Pusat akan segera mengembalikan marwah organisasi PWI kembali seperti ketika dilahirkan.

“Kita perlu mengembalikan marwah PWI seperti dulu, ketika lahir,” ucap Hendry di Lantai IV Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

PWI Pusat usai menjalankan rapat perdana pertemuan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pengurus baru priode 2023-2028, pada pekan lalu Selasa 10 Oktober 2023 dan berlanjut rapat perdana Dewan Penasihat PWI Pusat.

Menurut Hendry, persoalan-persoalan yang dibahas sekarang tidak sekedar soal jurnalisik belaka, melainkan soal-soal yang terkait dengan bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, PWI ke depan juga harus kembali terlibat dalam urusan kehidupan berbangsa dan perkembangan negara.

“Pada awal tumbuh dan berkembanganya PWI, para wartawan sangat menjaga integritas dan independensinya,” kata Ketua Umum PWI Pusat terpilih dalam Kongres XXV PWI di Bandung Jawa Barat.

Lanjutnya Ia menuturkan, untuk langkah awal PWI memperbanyak program pendidikan.

Dengan begitu, diharapkan wartawan dapat meningkatkan kemampuan teknis jurnalistik dan wawasan kebangsaan, jelas Hendry.

Lebih lanjut Ketua Umum PWI Pusat menerangkan, dalam rapat itu muncul pembahasan berbagai masalah, mulai dari soal perekonomian perusahaan pers, kualitas wartawan, pengelolaan aset organisasi.

Dan ada juga antisipasi perkembangan kemajuan teknologi informasi, seperti Artificial Intelegent (AI) dan sampai tindakan tegas wartawan yang melanggar ketentuan organisasi serta peraturan sosial.

“Semua itu saya catat dan perhatikan,” imbuh Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun.

Sementara itu Ketua Dewan Penasihat Ilham Bintang menjelaskan, susunan Dewan Penasihat PWI sengaja dipilih dengan beragam latar belakang dan usia, agar Dewan Penasihat dapat menampung beragam aspirasi yang sedang berkembang di masyarakat.

Dikatakan Ilham, diminta atau tidak diminta, Dewan Penasihat akan senantiasa memberikan masukan kepada pengurus.

“Ibarat pengantin sebelum keluar, kita berperan menghias pengantin sampai tampil semenarik mungkin. Dengan begitu, Pengurus PWI saat bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat telah berada pada posisi siap dan arah yang tepat,” tandas Ilham Bintang.

Dalam rapat perdana Dewan Penasihat Pengurus PWI Pusat dihadiri terdiri dari sembilan orang dan diketuai oleh Ilham Bintang dan Wakil Ketua ditempati posisi Timbo Sihaaan.

Kemudian, Wina Armada Sukardi menempati Sekretaris dan ada juga anggota lainnya, diantaranya Retno Pinasti (Pemred SCTV), Helena Rea (BBC Indonesia), Budiman Tanuredjo (Kompas Group) dan Karni Ilyas (ILC) serta Kiki Iswara (Rakyat Merdeka Group).

Lalu, ada Pangeran Gusti Rusli (Banjarmasin Post Group), Mohammad Yazid (mantan ketua PWI Sumut dan LKBN Antara), serta Agung Dharmajaya (ATVLI).

Sedangkan ada yang dari luar lingkungan kewartawanan, seperti Siswono Yudo Husodo dan Gories Mere. (Tim)