Daftarkan Caleg ke KPU, Hasto PDIP: Bu Mega Sampaikan Komitmen Dukungan ke KPU

Daftarkan Caleg ke KPU, Hasto PDIP: Bu Mega Sampaikan Komitmen Dukungan ke KPU
Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP) secara resmi menyerahkan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

JAKARTA, HARIANBERITA.ID - Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP) secara resmi menyerahkan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (11/5/2023). Dalam proses ini Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menitipkan salam dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Hasto dihadapan jajaran KPU menyampaikan meski Ketua Umum Megawati Soekarnoputri tak hadir secara langsung ke Kantor KPU, tapi mengikuti rangkaian pendaftaran secara daring. 

"Pada kesemptan ini kami menyampaikan salam dari ketua umum PDI Perjuangan ibu Profesor Megawati Soekarnoputri beliau mengikuti secara daring terhadap seluruh pendafatran calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan yang pada hari ini dialksanakan secara serentak seluruh wilayah Indonesia," kata Hasto. 

"Bu Mega juga menyampaikan pesan komitmen dari PDI Perjuangan untuk mewujudkan dukungan sepenuhnya untuk KPU," sambungnya. 

Hasto menceritakan juga, jika sejak 10 hari yang lalu, ibu Megawati sudah mengintruksikan untuk mengeluarkan perintah harian agar seluruh simpatisan anggota dari PDIP membahtu KPU dalam proses pendaftaran pemilih. 

"Sehingga daftar pemilih tetap nantinya sebagai intrumen penting untuk menjngkatkan demokrasi betul betul dapat ditingkatkan," tuturnya. 

Tak hanya salam dari Megawati, Hasto juga menyampaikan salam dari Kepala Situation Room DPP PDIP, M.Prananda Prabowo. Prananda menyampaikan pesan agar proses mendaftarkan bacaleg PDIP dengan mengusung tema 'Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya'. 

"Kami juga menyampaikan salam dari mas Prananda Prabowo bahwa kedatangan kami ke KPU ini dengan sentral kepalkan tangan persatuan untuk Indonesia Raya ini karena juga nomor PDIP nomor 3. Sehingga mengambil sprit persatuan Indonesia karena tema ‘kepal tangan persatuan Indomesia Raya’ menjadi tema dalam gambaran seluruh calon anggota legislatif PDI Perjuangan," ujarnya. 

Terakhir, Hasto tak lupa menyampaikan pesan dari Ketua DPP PDIP bidang Politik sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani. Menurutnya, Puan akan memberikan dukungan penting bagi penyelenggaran pemilu. 

"Kami juga menyampaikan salam dari mba Puan Maharani Ketia DPP sekaligus Ketua DPR RI beliau juga menujukan komitmennya agar penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik demokratis tentu saja dukungan sangat penting terhadap politik anggaran demi kelancaran seleuruh tugas dari lembaga penyelenggara pemilu," katanya. 

Adapun dalam proses ini, Hasto turut didampingi jajaran pengurus DPP PDIP diantaranya Ahmad Basarah, Arief Wibowo, Eriko Sotarduga, Komarudin Watubun, Djarot Syaiful Hidayat, Yanti Sukamdani, hingga Sri Rahayu. 

"Selanjutnya kami akan menyerahkan dokumen pandaftaran ini pertama adalah surat kuasa dari ibu ketua umum ibu Profesor Megawati Soekarnoputri ditandatangani oleh beliau dengan materai kepada bu Yanti Sukamdani," tuturnya. 

"Kemudian seluruh bakal calon perprovinsi yang sudah teregister secara Silon sebagai contoh yang kami print dari Silon KPU ada nama, pas foto. Kemudian pas penyerahan ini menujukan bahwa sistemnya sudah sangat baik. Maka pada kesempatan ini kami serahakan kepada ketua KPU," sambungnya.[*]