Pj Gubernur Nabire Papua Tengah dan PWI Pusat Resmi Hadiri dan Buka UKW

Pj Gubernur Nabire Papua Tengah dan PWI Pusat Resmi Hadiri dan Buka UKW
Penyelenggaraan Uji Kopetensi Wartawan (UKW) di Nabire, Papua Tengah secara resmi dihadiri dan dibuka kali pertama Pejabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk di Aula Hotel Malvira II, Kamis (18/4/2024).
Pj Gubernur Nabire Papua Tengah dan PWI Pusat Resmi Hadiri dan Buka UKW
Pj Gubernur Nabire Papua Tengah dan PWI Pusat Resmi Hadiri dan Buka UKW

Nabire, HarianBerita.ID – Penyelenggaraan Uji Kopetensi Wartawan (UKW) di Nabire, Papua Tengah secara resmi dihadiri dan dibuka kali pertama Pejabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk di Aula Hotel Malvira II, Kamis (18/4/2024).

Acara pelaksanaan UKW yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan didukung Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diikuti 30 peserta wartawan muda dari berbagai awak media antara lain media cetak, elektronik maupun media siber.

”Dunia informasi sangat penting bagi masyarakat dan sebelumnya informasi merupakan kebutuhan sekunder. Namun berjalan waktu telah berkembang menjadi kebutuhan primer dan di Papua Tengah, informasi sudah menjadi kebutuhan pokok,” ucap Ribka Haluk dalam sambutanya.

Penyelenggaraan UKW yang dihadiri Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjend) PWI Pusat Raja Parlindungan Pane yang mewakili Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun dan juga dihadiri ke lima penguji bimbingan dari PWI Pusat diantaranya Irmanto dan Djunaedi Tjunti dari Jakarta.

Kemudian hadir juga Haris Sadikin dari Palangka Raya dan Uyun Achiyat dari Bandung, serta Abdul Munib dari Papua Induk yang menguji ke-30 peserta dan semuanya terbagi dalam lima kelompok dan setiap kelompok didampingi tiap masing penguji.

Menurut Ribka, semakin banyak awak media mengantongi lisensi UKW, sehingga diharapkan Pj Gubernur Nabire akan lahir wartawan berkompeten dan professional.

“Ini sangat penting dalam meningkatkan pembangunan di Papua Tengah, karena Papua Tengah butuh informasi yang dapat memberikan dampak pembangunan,” imbuh Pj Gubernur Nabire, Papua Tengah.

Usai membuka, Pj Gubernur Nabire didampingi sejumlah pejabat lingkungan Pemprov Papua. Ia menyempatkan diri memberikan materi berita dan sekaligus memberikan semangat kepada para peserta, lalu Ribka beramah tamah dengan para pengurus PWI Pusat dalam ambil bagian pertama dalam kegiatan UKW di Papua.

Sementara itu masih ditempat yang sama, Raja Parlindungan Pane dalam sambutannya mengutarakan, UKW yang dilaksanakan di Papua Tengah merupakan kali perdana diselenggarakan dan peristiwa ini tercatat dalam sejarah PWI.

“Penyelenggaraan UKW di Papua tercatat dalam sejarah PWI dan untuk ke-30 orang peserta nantinya akan menjadi wartawan memiliki kompetensi di Papua Tengah,” tutup Wakil Sekjend PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane penuh bahagia. (Sayid Iskandarsyah)