Hasil Survei Lanskap Prabowo Unggul di Jatim dan Jateng

Hasil Survei Lanskap Prabowo Unggul di Jatim dan Jateng
Survei Lanskap Prabowo Unggul di Jatim dan Jateng
Hasil Survei Lanskap Prabowo Unggul di Jatim dan Jateng
Hasil Survei Lanskap Prabowo Unggul di Jatim dan Jateng

SURABAYA, HARIANBERITA.ID - Sosok figur yang digadang maju di Pilpres 2024 bermunculan dari hasil survei Lembaga Survei & Analisis Kebijakan Publik (Lanskap).

Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Toha mengatakan sebanyak 26,1 persen warga Jatim memilih Prabowo Subianto sebagai calon Presiden 2024. 

"Prabowo Subianto menjadi figur yang banyak dipilih masyarakat Jatim untuk Presiden 2024," kata Toha, Senin (17/4).

Secara elektabilitas, Prabowo unggul dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Capres NasDem Anies Baswedan. Mayoritas masyarakat Jatim sudah mengenal sosok Prabowo Subianto.

"Tingkat pengenalan publik terhadap tokoh-tokoh yang disebutkan di dalam pertanyaan survei di Jatim sudah melampaui 50 persen, di mana yang paling tinggi Prabowo, Khofifah, dan Ganjar," jelasnya. 

Toha mengungkapkan faktor yang membuat Prabowo masih berada di posisi atas di Jatim. Salah satunya kegiatan safari ke beberapa daerah bersama Presiden Jokowi.

Prabowo muncul dengan unggul dalam lembaga survei  adalah buah dari safarinya dan bertemu para tokoh berpengaruh serta memiliki akar dan modal sosial yang kuat.

Di samping itu, kinerja Prabowo sebagai bagian dari Kabinet Indonesia Maju dipandang makin mengamplifikasi dukungan publik kepadanya

Kinerjanya sebagai Menhan dan kesediaannya bergabung dalam pemerintahan Jokowi demi persatuan bangsa diduga menjadi modal Prabowo meraih elektoral tertinggi di Jatim," tuturnya.

"Munculnya Prabowo sebagai sosok dengan elektoral tinggi di Jatim tak lepas dari kuatnya silaturahmi yang dibangun dengan publik, baik secara langsung maupun melalui institusi pendidikan keagamaan dan tokohnya, yaitu para kiai," ucapnya. 

Toha memprediksi jika data tersebut konstan sampai Pemilu 2024 maka Prabowo Subianto bisa keluar menjadi pemenang dalam Pilpres 2024. 

"Kondisi di mana Prabowo selalu menang bila menjadi capres dan dipasangkan dengan cawapres manapun ini tak lepas dari sosok pribadi Prabowo yang memiliki magnet elektoral tinggi," lanjutnya. 

Namun, dia memberikan saran agar Prabowo benar-benar bisa memilih calon wakil presiden yang tepat untuk mendampinginya di Pemilu 2024.

Sebagai Capres Prabowo memiliki tiga opsi pendamping atau cawapres yang dapat memberikan efek elektoral yang kuat di kedua Provinsi tersebut, yaitu Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, dan Puan Maharani," pungkasnya. 

Survei Lanskap dilakukan pada 1-10 April 2023 dengan jumlah responden sebanyak 880 orang di Jawa Timur. Metodologi survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 3,3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Berikut elektabilitas para figur yang digadang maju Pilpres menurut survei Lanskap yang dilakukan di Jawa Timur:
 
1. Prabowo Subianto 26,1 persen. 
2. Ganjar Pranowo 19,3 persen. 
3. Anies Baswedan 19 persen. 
4. Khofifah Indar Parawansa 5,7 persen. 
5. Mahfud MD 3,5 persen. 
6. Erick Thohir 2,6 persen. 
7. Muhaimin Iskandar 2,2 persen. 
8. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,2 persen.
 9. Ridwan Kamil 2,1 persen. 
10. Sandiaga Uno 1,7 persen. 
11. Puan Maharani 1,5 persen. 
12. Airlangga Hartarto 1,4 persen. 
13. Andika Perkasa 1,4 persen. 
14. Tidak tahu/tidak menjawab 11,3 persen. (Irfan)