Asisten III Setdaprov Riau Buka UKW Gratis dari PWI Pusat

Asisten III Setdaprov Riau Buka UKW Gratis dari PWI Pusat
PWI Pusat selenggarakan UKW gratis di Pekanbaru dan acara dibuka Perwakilan Pj Gubernur Riau, Asisten III Setdaprov Riau, Elly Wardani dan dimulai 23 sampai 24 April 2024.
Asisten III Setdaprov Riau Buka UKW Gratis dari PWI Pusat
Asisten III Setdaprov Riau Buka UKW Gratis dari PWI Pusat
Asisten III Setdaprov Riau Buka UKW Gratis dari PWI Pusat
Asisten III Setdaprov Riau Buka UKW Gratis dari PWI Pusat

Pekanbaru, HarianBerita.ID – Perwakilan Pj Gubernur Riau, Asisten III Sekrertariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Elly Wardani menghadiri dan sekaligus membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Prime Park, jalan Jenderal Sudirman No.3, Blok A, Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Penyelenggaran UKW diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat diadakan secara gratis dan diikuti 27 peserta, mulai dari kelas Muda, Madya, Utama dan dilaksanakan selama dua dari tanggal 23 sampai 24 April 2024.

”Wartawan merupakan ujung tombak terwujudnya suatu berita yang berkualitas, aktual, akurat, serta berimbang yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai kode etik,” ucap Elly Wardani dalam sambutanya.

Acara pembukaan UKW yang dilaksanakan di Pekanbaru Riau di hadiri Ketua Umum PWI Pusat Hendy Ch Bangun, Kapolda Riau Irje Pol Muhammad Iqbal dan Kasie Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto.

Kemudian dalam acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Ikhwan Ridwan dan para Pengurus PWI Provinsi Riau.

Menurut Elly Wardani, perkembangan industri media di era digital semakin pesat sekarang ini dan harus mengikuti perkembangannya mengenai kompentensi profesionalisme kinerja wartawan.

Semua itu sangat mempengaruhi dan menentukan, baik kualitas produk berita dan informasi maupun kualitas media secara umum.

“Disinilah pentingnya seorang wartawan untuk mengikuti jurnalistik, agar berguna untuk mendapatkan wartawan yang professional, sehingga publik dapat menerima informasi dari dari wartawan kompetensi,” katanya.

Lanjutnya, pentingnya UKW untuk para wartawan. Asisten III Setdaprov Riau secara detail juga mengutarakan dalam praktik di lapangan, sebagian perusahaan media cetak maupun online langsung menerjunkan wartawan tanpa dibekali pengetahuan jurnalis dan kode etik.

Tentunya, mereka bekerja secara otodidak dan kerap menghadapi masalah kode etik jurnalistik, serta prinsip-prinsip jurnalis yang diatur didalam undang-undang pers Nomor 40/1999 dan peraturan dewan pers.

“Kompetensi wartawan pada prinsipnya berkaitan pada kemampuan intelektual dan pengetahuan umum,” jelasnya

Diharapkan Elly Wardani, untuk para wartawan semakin dapat meningkatkan profesionalisme dan memegang teguh integritas dalam bekerja, pinta Setdaprov Riau ketika menutup sambutan.

Sementara itu terkait UKW diselenggarakan PWI Pusat, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal dalam keterangannya mengutarakan, framing (Pembingkaian) atau kemasan media sangat penting dan menajemen media juga harus dikelola dengan baik.

“Berbahagialah menjadi seorang jurnalis, karena jurnalis itu orang cerdas atau orang yang memiliki intelektual,” tutur Kapolda Riau.

Pekerjaan Jurnalis adalah mencari dan menyusun berita untuk di muat dalam surat kabar, majalah, radio dan telvisi atau media online, serta Cyber.

Menurut Kapolda Riau, Wartawan atau Jurnalis harus bangga dapat mengikuti uji kompetensi, karena dalam suatu profesi ada namanya uji kompetensi sebagai tolak ukur, sehingga jurnalis harus dapat di uji kemampuanya.

Tulisan Jurnalis dapat mengoyah stabilitas politik dan keamanan, jadi perananan jurnalistik itu sangat penting, sebagai pilar ke empat demokrasi.

”Semakin profesional seorang wartawan, maka dia akan semakin bertanggung jawab. Saya bangga sebagai Kapolda berada di tengah rekan-rekan wartawan," ungkapnya.

Lebih lanjut, menurut Ketua Umum PWI Jaya Hendry Ch Bangun dalam keterangan sambutanya, UKW yang dilaksanakan di Pakanbaru Riau merupakan program unggulan PWI Pusat.

Untuk Uji Kompetensi telah dilakukan PWI Pusat sebanyak 12 kali dilaksanakan dan akan terus dilanjutkan penyelengaraan UKW ke setiap  provinsi lain.

”UKW dilakukan PWI Pusat terus berjalan hingga tuntas seluruhnya sampai Agustus atau September tahun 2024 ini,” ujar Hendry Ch Bangun.

Ditambahkanya, PWI Pusat sangat konsen terhadap UKW gratis yang akan diselenggarakan di 38 provinsi dan Kota Surakarta menjadi tempat cabang khusus UKW.

“Saya katakan kepada teman-teman di pusat, tugas PWI Pusat adalah mencari anggaran dana untuk kegiatan PWI di Provinsi dan untuk dana anggaran darimana, uangnya akan ada dan akan terus kita cari. Jadi PWI Provinsi tidak usah pusing, karena kitalah yang bekerja keras,” tandas Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun dalam menutup sambutannya.

Untuk diketahui, dari 27 Peserta UKW gratis yang diselenggarakan PWI Pusat di Pekanbaru Riau, dinyatakan tidak kompoten sebanyak lima peserta dan yang kompoten UKW sejumlah 22 peserta. (Ivan Lubis)